Apa itu Switch ? Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

Apa itu Switch ? 


Pengertian  Switch

Pengertian Switch adalah Perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan. Kalau di hubungkan dengan menggunakan konsep layer OSI, maka pada umumnya perangkat switch adalah perangkat yang beroperasi-nya ada di layer 2 (data link layer). Jadi perangkat swith hanya akan melihat informasi alamat MAC, tidak sampai ip.

Fungsi Switch

Beberapa fungsi switch yaitu sebagai manajemen lalu lintas yang terdapat pada suatu jaringan komputer, switch bertugas bagaimana cara mengirimkan paket data untuk sampai ke tujuan dengan perangkat yang tepat, Switch juga bertugas untuk mencari jalur yang paling baik dan optimal serta memastikan pengiriman paket data yang efisien ketujuannya.


Cara  kerja Perangkat Switch

Konsep dasar yang digunakan oleh perangkat switch adalah dengan cara melihat informasi alamat MAC yang tersimpan dalam header sebuah frame. Ketika ada Frame yang masuk ke port switch, maka informasi alamat MAC sumber (komputer pengirim frame) akan dicatatkan ke dalam sebuah tabel yang namanya tabel MAC. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah IP address ke bilangan Biner

Ruang Lingkup Pengembangan Produk Kreatif

Cara mengatasi hotspot tidak bisa internet